Your Technology Blog

Minggu, 23 Juni 2013

Ayo Menghemat Listrik dengan Alat Ukur dan Instrumentasi Tridinamika

Pada Minggu, 23 Juni 2013
Energy Saving
Energy Saving

Sebelum kita terjun kedalam topik, tema artikel saya kali ini adalah:
 "Hemat Listrik dengan Alat Ukur dan Instrumentasi Tridinamika"
Adapun hal-hal yang akan saya bahas dalam coretan ini adalah  Energy Saving, Hemat Listrik, Jasa PengukuranFluke, dan Agilent Technologies.

Energy Saving, dua kata yang berasal dari Bahasa Inggris dan jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti Penghematan Energi. Meskipun hanya terdiri dari dua kata saja, tetapi arti yang dikandungnya sangatlah besar. Bayangkan saja, kita tidak perlu susah-susah menjadi Superhero untuk menyelamatkan bumi, namun cukup dengan melakukan penghematan energi, dengan begitu berarti kita telah ikut berpartisipasi menyelamatkan bumi kita tercinta dari krisis energi.

Bicara soal Penghematan Energi, tak lepas dari satu hal yang cukup penting peranannya dalam kehidupan manusia di zaman serba modern ini, yaitu Listrik. Listrik telah menjadi satu kesatuan penting dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, namun dibalik perkembangannya tersebut tidak diimbangi dengan efisiensi penggunaan listrik itu sendiri, konsumsi listrik yang tidak seimbang ditambah dengan inefesiensi penggunaan bahan bakar fosil akan semakin membuat keadaan bumi kita mendekati krisis energi. Ketidakseimbangan inilah yang mendasari kita untuk Hemat Listrik. Sebegitu pentingnya menjaga efisiensi penggunaannya, berbagai upaya dapat kita wujudkan sebagai bentuk partisipasi untuk menghindari krisis itu terjadi, seperti meminimalisir penggunaan daya listrik hanya untuk peralatan yang kita butuhkan saja. Listrik tak ubahnya seperti uang, jika uang terus digunakan tanpa adanya penghematan maka lambat laun uang itu akan habis, seperti itulah jika dibandingkan dengan listrik maka artinya sama saja, pemborosan listrik adalah suatu hal yang sia-sia dan tidak akan mendatangkan manfaat sedikitpun. Namun banyak orang menyepelekan tentang penghematan listrik tersebut dengan berasumsi cukup memakai lampu hemat energi maka mereka telah menghemat listrik. Halloo? pake lampu hemat energi tapi penggunaannya tidak sesuai sama saja dengan pemborosan listrik!

Tridinamika
Tridinamika

Hal inilah yang mendasari Tridinamika untuk ikut andil dalam penghematan listrik yang diaplikasikan baik dalam Alat Ukur, maupun Instrumentasi. Dengan visi dan misi menjadi pusat instrumen dan alat ukur yang menyediakan berbagai merk dan produk dari seluruh dunia dan selalu melakukan inovasi dengan semangat untuk selalu menjadi perusahaan yang terbaik, dengan memberikan keunggulan produk yang dikombinasikan dengan excellence engineer yang berpengalaman

Ketika dirumah atau tempat kerja anda terdapat problem yang berkaitan dengan kelistrikan, sementara anda bukanlah seorang ahli kelistrikan? Anda bingung bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Daripada anda mencoba-coba memperbaiknya, namun ujung-ujungnya malah terjadi kecelakaan kerja. Mending saya kasih solusinya, ini dia solusinya, Tridinamika menyediakan layanan Jasa Pengukuran yang diberi nama dengan Dokter Listrik, Dokter Listrik adalah layanan inspeksi kelas satu dari Tridinamika yang dapat anda gunakan untuk menganalisa berbagai problematika listrik dan energi. Dengan dukungan excellence engineer yang berpengalaman, dokter listrik akan memberikan solusi atas beragam penyakit listrik yang anda hadapi. Nah Dokter Listrik menyediakan berbagai layanan pengukuran yang dapat anda gunakan sesuai kebutuhan anda, yakni:

Power Investigation

HSE ClinicEnergy Management
Jasa Pengukuran Tridinamika

Melalui tiga layanan diatas, anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan rumitnya maintenance. Cukup dengan Dokter Listrik, semua hal tersebut dapat diatasi, dengan begitu anda dapat meningkatkan kreatifitas anda dengan terus berinovasi tanpa perlu memikirikan rumitnya maintenance. Ada satu layanan yang cukup menarik dari Dokter Listrik, yakni Human Safety Environtment Clinic (HSE Clinic).

Human Safety Environtment Clinic adalah salah satu layanan pengukuran yang berhubungan dengan keselamatan lingkungan (environtmental safety) dengan menerapkan berbagai aturan internasional sebagai ambang batasnya. Bekerja diarea-area yang beresiko misalnya area yang memiliki radiasi yang berbahaya bisa menimbulkan beragam resiko penyakit berbahaya bagi pekerjanya, seperti kanker. Tentunya ini adalah hal yang sangat merugikan baik bagi pekerjanya maupun perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, kesehatanlah yang menjadi satu hal yang paling penting dalam mendukung keselamatan kerja, maka dari itu HSE Clinic memberikan layanan demi menjaga kenyamanan dan stabilitas lingkungan yang baik yang tentunya berguna bagi kesehatan. Layanan HSE Clinic meliputi :

Electromagnetic Field

Indoor Air Quality
HSE Clinic Service

Tidak cukup dengan itu, Tridinamika menyediakan banyak produk unggulan demi menunjang proses pengukuran listrik, seperti tahanan, daya, maupun tegangan listrik, contohnya Fluke, yang merupakan salah satu produsen yang menyediakan berbagai alat pengukuran listrik seperti Clamp Meter dan Digital Multimeter. Anda tidak mungkin dapat menghemat listrik tanpa mengetahui konsumsi daya listrik yang anda gunakan tiap bulannya tanpa mengukur dan mengkalibrasikan dengan alat ukur yang semestinya.

Kebetulan saya masuk SMK dengan mengambil jurusan Instrumentasi Industri, maka alat yang memiliki Agilent Technologies yakni oscilloscope sangat penting peranannya dalam urusan tentang listrik, karena Oscilloscope dapat menampilkan bentuk dari sinyal listrik dengan menunjukkan grafik dari tegangan terhadap waktu. Hampir sama seperti voltmeter namun memiliki kemampuan yang lebih.

Oscilloscope
Gambar Oscilloscope

Bagaimana? Tridinamika bisa menjadi satu solusi tepat apabila anda ingin mencari Alat Ukur dan Instrumentasi yang berkualitas terutama bagi Perusahaan dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Ayo! Tunggu apalagi? Mulai Saat ini Ayo Menghemat Listrik dengan Alat Ukur dan Instrumentasi Tridinamika! ;)

Info lebih lanjut, cek langsung di tridinamika.com

Artikel ini diikut sertakan dalam Kontes Blog Tridinamika

23 komentar

  1. listrik memang sebuah kebutuhan yang popok ya sekarang. saya saja jarang hemat. tapi pas akhir bulan baru nyesal..
    kalau punya alat beginian pasti enak untuk kontrolnya
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas andie, saya saja bisa dibilang jarnag bahkan tidak berhemat :D .. lha wong nyalain komputer cuma dipake bwt olan doang, pdahal kan bisa pke hp *bang*

      Pernah tuh pas akhir bulan di jewer sama ortu gara2 tagihan listriknya bengkak :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Setelah Dokter cinta, sekarang ada Dokter listrik. Nanti adain Dokter duit dong, haha *abaikan.
    Wah, artikelnya membantu nih. Jadi pengin coba alatnya, sangat membantu sekali :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, si mba nongol disini \o/ .. patut di coba mba, biar kesehatan listrik dan dompet tetap terjaga :Q

      Hapus
  4. Memang ya, listrik tu emg jdi satu kebutuhan utama selain makan, ga ada listrik kyk tenggelam dalam kegelapan malam :D Dokter listrik bsa jdi solusi nihh \o/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuhh, koq gada fotonya ya X@

      Hapus
    2. Hahaha :D akhirnya nongol jg :Q, maklum yy agan, masih newbie .. hehehee

      Good luck :yaya:

      Hapus
    3. Hahaha :D iya mas makasih :) kyknya saya kenal nih ~x(, ini mas dede orang subang kan? maaf mas kalo salah, namanya jg manusiaa :p

      Hapus
    4. Haha, ko tau ^_^.. semoga berhasil yakk :-bd

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Ayo-ayo kita hemat :) kalo bukan kita siapa lagiiii..,, ;)

    BalasHapus
  7. Kalau saya nggak perlu pakai listrik Mas. Cukup pakai lilin biar lebih hemat lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weleh itu jaman dulu mas, saya suka gimana gitu karena waktu dulu pas rumah nenek masih pake lilin ada yang hii hii hii hii hii hiii :D

      Hapus
    2. Hahaha :D pengen publish artikel horor, tapi males mas :D .. bikinnya harus siang hari :P

      Hapus
    3. hahahaha, nanti gentayangan dimana-mana lagi :D
      Iiihh, Takut saya :D

      Hapus
    4. Huss mas jangan berisik :D , kalau tengkuk serasa ada yang niup hati2 mas :P

      Hapus
    5. Bulu kuduk saya sudah merinding Mas :D

      Hapus
    6. Saya kira bulu apa mas, ternyata bulu kukuk :D

      Hapus
  8. ada juga ya dokter listrik... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mas :D mungkin nnti akan muncul dokter2 spesialis terbaru XD

      Hapus

Copyright © 2014 Coretan Me - Designed by Fahmi HS - Powered By Blogger