Your Technology Blog

Jumat, 23 Agustus 2013

Kenalilah Tipu Daya Syaitan Part. 1

Pada Jumat, 23 Agustus 2013
Ilustrasi
Ilustrasi (Gambar dari Google)

"Sesungguhnya syaitan itu musuh nyata bagimu, maka anggaplah ia musuh (mu) karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka jadi penghuni neraka yang menyala-nyala." (Q.S. Faathir: 6)

Seperti yang kita ketahui semua, pada saat diciptakannya Nabi Adam As. Ada satu makhluk yang tidak mau bersujud kepada Nabi Adam As. Yakni Iblis. Iblis merasa hanya dirinyalah yang paling sempurna karena diciptakan dari api, sedangkan manusia hanya diciptakan dari tanah, karena kesombongannya tersebut maka Allah Swt. Murka dan melaknatnya serta mengusirnya dari surga. Kemudian, iblis bersumpah untuk terus berusaha sekuat tenaga menyesatkan manusia dan menjauhkan mereka dari jalan Allah Swt.

"Keluarlah dari surga dalam keadaan tercela dan terusir dari rahmat-Ku, dan Aku bersumpah akan memenuhi neraka denganmu dan siapa yang mengikutimu dari anak-anak Adam semuanya." ( Q.S. Al-A'raf: 18)

Sampai detik ini pun syaitan masih terus menggoda manusia, tanpa jeda dan tanpa lelah, selalu berusaha menjerumuskan manusia ke jalan yang sesat jauuuh dari jalan yang di ridhoi-Nya. Naudzubillah. Maka dari itu hendaklah kita selalu waspada terhadap godaan syaitan, mau dimana pun dan kapan pun godaan-godaan yang menyesatkan akan selalu datang. Selalu awali sesuatu dengan mengucap basmalah, karena segala sesuatu yang diawali dengan mengucap basmalah, insya Allah pasti Allah Swt. Akan selalu memberikan perlindungan pada kita.

Contohnya gini aja, ada seorang anak sebutlah di si Fulan, pagi itu ia hendak berangkat sekolah. Setelah ia mencium tangan kedua orangtuanya, segeralah ia cepat-cepat berangkat. Tak lupa ketika akan keluar rumah ia mengucapkan salam sambil membaca basmalah, Bismillahirrohmaanirrohim. Kita kan sebagai makhluk ciptaan-Nya yang tidak mempunyai daya apa-apa hanya bisa berusaha, baik maupun buruk hasilnya kita serahkan kepada Allah Swt., begitupun dengan si Fulan, sudah berusaha berangkat pagi-pagi namun ketika perjalanan masih jauh si Fulan sudah dihadang macet.

"Alamak, coba tadi aku bawa motor, mungkin nggak akan kejebak macet kayak gini." batin Fulan.

Benar saja, jam sudah menunjukan setengah 8, Fulan baru sampai di sekolah. Ia teringat kalau satpam sekolah terkenal galak, salah-salah nanti malah kena gampar, batin Fulan galau tak menentu. Sengaja ia turun dari angkot dengan jarak yang lumayan jauh dari gerbang, tujuannya agar tidak terlihat satpam. Syaitan sudah gencar-gencarnya menggoda Fulan agar bolos sekolah saja daripada kena gampar satpam galak itu. 

Fulan bimbang, dia berpikir sejenak.

"Ah, daripada aku ketinggalan pelajaran, mending aku masuk aja lah. Bismillahirrahmanirrahim"

Perlahan-lahan ia mendekati gerbang, ternyata sepi, cepat-cepat ia melangkahkan kaki. Namun, tiba-tiba ada yang memanggilnya. Setelah menengok ke belakang, ternyata satpam galak itu. Aduh, setelah ditanyai perihal kenapa ia terlambat, ternyata satpam tersebut tidak marah dan mempersilahkan dia masuk, gambaran orang tentang satpam yang katanya galak itu melenceng jauh. Dengan hati lega ia bergegas masuk ke kelas, tak lupa ia mengucapkan syukur kepada Allah Swt.

Allah berfirman:

"Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan dari jenis manusia dan dari jenis jin, sebagian mereka membisikan kepada sebagian yang lain dari perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan." ( Q.S. Al-An'aam: 112)

Sekarang sudah jelas kan? Ternyata syaitan itu bisa dari golongan manusia, bisa juga dari golongan jin (jin yang kafir tentunya). Namun ada sumber lain mengatakan kalau syaitan adalah sebutan lain dari iblis. Wallahu a'lam. Yasudah, daripada menunggu lama-lama. Berikut ini cara-cara syaitan dalam rangka menyesatkan manusia.

Membisik-bisikan

Eits ini bukan lagu Bisik-bisik Tetangga yah :P, namun kali ini adalah salah satu pekerjaan syaitan dalam menggoda manusia untuk berbelok dari jalan yang di ridhoi oleh Allah Swt. Satu hal yang pasti adalah syaitan selalu membisikan hal-hal negatif kepada kita, entah itu rasa cemas, rasa khawatir, atau pun rasa was-was (perasaan artinya sama semua ya? Ah sudahlah) atau bahkan bisikan untuk berbuat sesuatu yang dilarang oleh Allah Swt. Seperti kalo lagi laper liat mangga di kebun orang, Clingak-clinguk, tengok kiri kanan, pas nggak ada orang, langsung disikat tuh mangga (Don't try this at home) inget yah gaboleh mencuri meski hanya seberat biji zarah (sawi). Contoh lainnya pas lagi di warnet, kebetulan sepi warnetnya iseng-iseng buka situs lendir (*****) dan ... (Nggak tau kelanjutannya) Hadeuuuh. Dalam surat An-Nas telah disebutkan bahwa pekerjaan syaitan itu membisik-bisikan kejahatan dalam hati manusia. Makanya jagalah hati, jangan kau kotori, jagalah hati cahaya Illahi.

Membuat Lupa

Manusia itu tempatnya lupa dan khilaf, tidak salah sih. Namun ini pasti pekerjaannya syaitan nih, simak Firman Allah Swt. Dibawah ini.

"Syaitan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan syaitan. Ketahuilah bahwa sesungguhnya golongan syaitan itu golongan yang merugi." ( Q.S. Al-An'aam: 112)

Satu kata yang perlu kita garis bawahi adalah menguasai, loh? Kok bisa syaitan menguasai diri kita (manusia)? Jawabannya simpel kok, karena kita tidak mengingat Allah, dan apa yang kita lakukan tidak di awali dengan Basmalah. Barang kali diantara anda ada yang sering mengalami ini, karena sibuk bekerja, anda sampai-sampai lupa kalau waktu dzuhur telah habis sementara anda belum melaksanakan shalat dzuhur. Mungkin yang anda bisa lakukan hanya tepuk jidat sembari mengucap Astaghfirullah. Sesungguhnya lupa itu adalah pekerjaan syaitan, naudzubillahimindzalik.

Bersambung di Part. 2 (Billing warnet abis nih .. hihihi) ...

14 komentar

  1. intix adalah sering2 dzikir (mengingat Allah).. *smile

    ditunggu post selanjutx sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya mas Rohis .. kadang2 kita sebagai manusia sering lupa. kalau lagi asyik2nya ngeblog sampe2 lupa makan sama shalat :(

      Hapus
    2. memang susah sekali menajga diri dari hal-hal semacam ini mas..
      oh iya salam kenal juga mas blognya keren banget :-d

      Hapus
    3. Saya sendiri merasakan susah mas dalam mengatasi hal tersebut ..
      Hehe makasih mas imron, tapi ini masih jauh dari keren lho .. saya malah ngiri sama yg punya mas taufik :D

      Hapus
  2. Manusia hanya bisa bertawakkal dan berdo'a. Semoga kita semua dilindungi dari godaan syitan yang terkutuk.
    Kalau saya pikir2 syaitan ini juga seperti musuh dalam selimut, gak keliatan -_-. Apalagi kalau mereka sampai menguasai hati dan diri, tentu kita tidak akan bertindak dan bahkan lupa siapa kita dan untuk apa kita hidup, bahkan bisa lupa akan agama Islam dan ajarannya.
    Oiya mas Fahmi, salam kenal juga. Selamat malam dan selamat teparr :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Naufal ini bisa saja :D syaitan kan emg gak kliatan :D .. Namun tak ayal setiap bisikannya kadang-kadang membuat kita tergoda :(

      Hapus
    2. Nah, itu dia..
      Mending digoda sama cewe, iya ngaa mas? :D

      Hapus
    3. Walah si mas Naufal bisa aja, kalo digoda cewe ceritanya lain, tapi kadang-kadang sering menggoda iman sih :D

      Hapus
  3. Semoga Alloh selalu dalam melindungi kita semua

    BalasHapus
  4. nah kadang klo lagi ngeblog belum shlat tuh ada aja tuh bisikan setan..
    bilang udah ntr aja shlatnya,, lanjutin aja bloggingnya .. uhhh
    mudah"an kita ga kalah ya sm syaiton :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus itu mbak Iin :) secara kita kan lebih sempurna dari syaitan :)

      Hapus
  5. Seperti biasa artikelmu sudah bagus. Tapi typo masih bertebaran. Yang itu tuh! Iya itu, yang mencolok-colok mataku. :D
    Aku lihat, kayaknya kamu sedikit menyelipkan candaan, tapi sumpah garing hihi :P
    Good Luck!

    Regard.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha :D okei mbak jul .. diterima kritiknya, tar aku sms :P

      Hapus

Copyright © 2014 Coretan Me - Designed by Fahmi HS - Powered By Blogger