Your Technology Blog

Minggu, 25 Agustus 2013

Kenalilah Tipu Daya Syaitan Part. 2

Pada Minggu, 25 Agustus 2013

Ilustrasi
Ilustrasi (Gambar dari Google)

Artikel ini adalah sambungan dari artikel sebelumnya yaitu tentang  Kenalilah Tipu Daya Syaitan Part. 1. Syaitan memang musuh abadi kita selama didunia yang fana ini, oleh karena itu tingkat kewaspadaan kita terhadap godaan dan bisikannya haruslah tinggi bahkan sangat tinggi atau juga tinggi bangeeet (kambuh alaynya :D). Namun untuk dapat mengatasi semua itu tidaklah semudah berbicara, bahkan sayapun terkadang sering tergoda, salah satu hal yang paling krusial adalah godaan untuk meninggalkan shalat 5 waktu.

Hei manusia, sudahlah .. jangan shalat, ngapain shalat kalau kamu tetep aja sampe sekarang miskin ..
Ilustrasi godaan syaitan yang dibisikan dalam hati manusia

Menyambung dari 2 poin yang kemarin, berikut ini poin-poin selanjutnya.

Memanjangkan Angan-angan

Ketika seorang manusia merasa senang dan terlena dengan dunia, syahwat, kelezatan, dan berbagai kenikmatan duniawi lainnya maka hatinya akan terasa berat untuk berpisah dengan dunia ini. Nah, disitulah syaitan akan mengambil kesempatan tersebut untuk menggoda manusia, dengan berbagai rayuan-rayuannya maka manusia akan berangan-angan palsu merasa dirinya akan abadi di dunia ini tanpa ia tahu kalau malaikat Izrail sedang menguntit dibelakangnya.

Firman Allah Swt.

"Dan aku akan benar-benar menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong mereka."(Q.S. An-Nisa: 119)

"Sesungguhnya orang-orang yang kembali ke belakang (kepada ke kafiran) sesudah petunjuk itu jelas bagi mereka, syaitan telah menjadikan mereka mudah (berbuat dosa) dan memanjangkan angan-angan mereka."(Q.S. Muhammad: 25)

Talk less do more, iklan dari salah satu merk rokok ini memang mempunyai makna mendalam, Ketika seseorang cenderung banyak bicara, entah tentang mimpinya, tentang apa-apa yang diinginkannya. Maka ia cenderung akan banyak berangan-angan dan TIDUR adalah tempat terbaik untuk berangan-angan. Sedangkan apabila ia menancapkan keinginannya tersebut dalam hati dan berusaha sekuat tenaga dalam menggapainya, maka siapapun dapat berkata apabila orang yang tidak pernah berputus asa akan dapat meraih mimpinya.

Menjadikan Indah

Menjadikan Indah, hmmm .. hal ini sepertinya telah banyak terjadi pada remaki (Remaja Masa Kini) bukan (Remaja Masa Aki-aki) hehehe ..

Contohya sajs narkoba, sudah banyak sekali remaja bahkan anak-anak dibawah umur yang terjerat dengan barang haram ini, kalangan selebritis pun tak urung ikut terjebak juga. Beberapa pendapat yang saya temukan ketika bertanya pada orang yang terjerat narkoba adalah narkoba bisa membuat segalanya menjadi indah, rasa percaya diri begitu tinggi, berbagai macam ide muncul, imajinasi seolah tanpa batas, dan lain-lain. Selain narkoba, contoh yang paling jelas dan sering terjadi dilingkungan kita adalah gaya berpacaran jaman sekarang, banyak para remaja putri yang rela menyerahkan mahkotanya pada seorang lelaki yang disebut "pacar, ayah, pipi, papah, dan sebagainya" bahkan jika kebablasan, mereka tak segan untuk melakukan tindakan aborsi, Naudzubillah.

Syaitan telah berhasil menghasut manusia khususnya para remaja untuk melakukan perbuatan yang melanggar ajaran Islam dengan segala cara dan berbagai upaya untuk membuat suatu larangan menjadi hal yang indah. Faktanya memang hal-hal yang berhubungan dengan kejelekan/larangan cenderung memberikan keindahan, kenikmatan, dan sebagainya. Sebaliknya pada hal-hal yang berbau kebaikan yang mendatangkan pahala, kaki dan tangan kita malah akan terasa sangat berat untuk melakukannya apalagi kadang-kadang orang malah sering mencemooh orang yang berbuat kebaikan atau amal soleh dengan mengatakan "so alim luh"

Tren Busana dalam negeri kita pun telah teracuni oleh tren busana barat yang cenderung terbuka dan mengumbar aurat, yang paling memprihatinkannya lagi masyarakat modern saat ini malah menjadikan budaya barat sebagai kiblat mereka dalam hal fashion. Sangat ironis memang, dengan cara berpakaian yang cenderung mengumbar aurat tersebut secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap timbulnya tindakan-tindakan asusila, seperti pemerkosaan, pelecehan seksual, dan lain-lain. Namun kebanyakan dari mereka menganggap cara berpakaian tersebut enak dipandang mata, seksi, atau juga menarik. Disinilah keberhasilan syaitan dalam menggoda manusia.

Janji

Layaknya pepesan kosong, janji-janji syaitan yang dibisikan dalam hati manusia hanyalah sebuah janji palsu. Kelak pada saat hari kebangkitan, syaitan akan lepas tangan terhadap para pengikutnya sekalipun pengikutnya menagih janji-janjinya. Seperti yang tertuang dalam Al-Qur'an surat Ibrahim ayat 22.

"Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan, 'Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku telah menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak dapat membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu.'Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksa yang pedih'."(Q.S. Ibrahim: 22)

Dari ayat diatas sudah jelas sekali kalau janji-janji yang syaitan bisikan hanyalah palsu, bahkan syaitan pun tak dapat menolong dirinya sendiri. Janji-janji seperti kekayaan, kekuasaan, dan kenikmatan, semua itu hanyalah omong kosong. Jika kita sampai tergoda maka syaitan akan menggiring kita untuk melakukan segala cara untuk mendapatkan semua itu yaitu dengan menyekutukan Allah, naudzubillah.

Tipu Daya

Seperti yang kita semua ketahui, hasutan dan rayuan syaitan yang penuh dengan tipu daya telah berhasil mengeluarkan Nabi Adam As. Dan Siti Hawa dari syurga. Dengan segala macam tipu dayanya syaitan telah berhasil membujuk Nabi Adam As. Dan Siti Hawa untuk memakan buah terlarang, padahal Allah Swt. Jelas-jelas telah melarang mereka. Namun tipu daya syaitan berhasil membuat hati Nabi Adam ragu untuk mematuhi perintah Allah Swt. Apalagi dengan gayanya sebagai penasehat, syaitan menggoda Nabi Adam untuk memakan buah tersebut agar kekal didalam syurga, padahal semua itu hanyalah tipu daya syaitan saja, karena syaitan iri pada Nabi Adam yang akan dijadikan Khalifah di muka bumi.

Permusuhan

"Dan katakanlah kepada hamba-hambaKu: 'Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu musuh nyata bagi manusia."(Q.S. Al-Isra: 53)

Kekejaman syaitan tidak hanya berhasil menurunkan Adam dan Hawa dari syurga, namun berbagai kekejiannya telah berhasil menimbulkan perselisihan diantara sesama manusia, seperti yang terjadi kepada Habil dan Qabil. Sampai sekarang berbagai perselisihan dan permusuhan masih saja terjadi, kita bisa lihat yang sedang terjadi di Irak, Palestina, bahkan didalam negeri kita pun tak ada bedanya, aksi tawuran yang dilakukan para pelajar yang banyak memakan korban, ironisnya hal tersebut terjadi hanya karena dipicu oleh hal-hal kecil seperti saling ejek, dan lain-lain. Semua itu menjadi bukti kalau syaitan telah berhasil menjalankan misinya untuk menimbulkan perselisihan, permusuhan, pertumpahan darah pada sesama manusia.

Menghalangi dari jalan Allah Swt.

Segala macam tindakan syaitan dalam rangka membujuk manusia untuk mengikuti jejaknya, berakitbat pada tertutupnya hati manusia dari jalan Allah Swt. Membuatnya gila harta, gila jabatan, gila wanita, dan yang lebih buruk lagi malah akan membelokkan Aqidahnya. Kita jangan pernah berasumsi kalau bujuk rayu syaitan hanya kepada manusia yang jauh dari nilai-nilai Islam, tetapi bujuk rayu syaitan juga kepada orang-orang yang berada dijalan Allah Swt. seperti para da'i, para kyai, ulama, dan ahli-ahli agama Islam lainnya. Kadang kala jika syaitan telah berhasil menggoda golongan tersebut maka akan menjadikan mereka merasa dirinya tuhan, nabi, dan masih banyak lagi.

Akhir kata, semoga kita senantiasa mampu melawan segala tipu daya syaitan dan semoga kita selalu dilindungi oleh Allah Swt. Dimanapun dan kapanpun. Amien.


Referensi:
  • Buku-buku Islami.

24 komentar

  1. Sudah ada part 2 nya :)
    Lanjutkan mas, emang enak kalo baca artikel Islami ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, insya Allah mas .. bikin artikel yang menyangkut pautkan agama tak semudah bikin artikel biasa, ex:tutorial blog, berita, olahraga, dll. Butuh ketelitian ekstra karena tanggung jawabnya besar, jika saya salah sedikit saja maka saya harus menanggungnya di hari akhir nanti. :(

      Oiyah, waktu baca artikel mas Naufal tentang keperawanan itu, saya jadi punya ide nih .. hehehe :D

      Hapus
    2. Silahkan di post, saya tertarik mas buat baca :D

      Hapus
    3. Ntaran mas, lagi digodok dulu .. biar padet artikelnya \o/

      Hapus
    4. walaaah, hanti avatarnya euy :D cakep lah mas \o/

      Hapus
  2. Balasan
    1. terima kasih mas jin kwkwkw memang mantap dan keren sekali blognya :-d

      Hapus
    2. Hahaa :D, bisa disebut keren kalo isinya bisa bermanfaat buat orang banyak \o/ bener ga mas Imron? ;)

      Hapus
  3. Godaan setan banyak, bisa lewat teman misalnya. Kayak saya, teman saya mengajak saya untuk bolos sekolah. Awalnya saya tidak mau tapi godaan setan yang sangat kuat akhirnya saya menuruti permintaan teman saya.

    Oh iya lupa lagi Mas, mau bilang :
    Salam kenal Mas dari saya A. Aslam Muhammad

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas adni susah untuk di hindari :-d

      Hapus
    2. Hahaa .. pengalaman hidup semasa sekolah nih ;) tapi begitulah indahnya masa sekolah, lah saya udah lulus jadi kangen :'(

      Hapus
    3. Rasanya sudah kuliah gimana sih Mas ?

      Hapus
    4. Kalau sudah kuliah itu, perlahan-lahan pikiran kita akan dewasa mas, kita tidak lagi memikirkan diri sendiri, malahan selalu ingin cepat-cepat sukses, mungkin kalau orangnya seneng hura2 atau foya2 akan berbeda mas.

      Makanya saya punya gagasan, lulus SMK saya tidak mau lagi tergantung dengan orang tua, istilahnya hanya numpang makan dan tidur saja .. betapa bahagianya mas kalau melihat orang tua menangis bahagia melihat kesuksesan kita :(

      Hapus
    5. Iya Mas, rasanya kayak gimana yah, kalau lihat orang tua menangis karena kesuksesan kita ?
      sedih juga rasanya :(

      Hapus
    6. kalau boleh tau mas Fahmi kuliah dimana,,,?

      Hapus
    7. Yang pasti kesuksesan akan terus mengiringi kita mas ..

      Hapus
    8. Masih calon mas :D saya mau kuliah di Sekolah Tinggi Ekonomi (Saya lupa apa) Tapi fakultas akuntansi .. ga nyambung yah, saya lulusan mekanik industri nyasarnya ke akuntansi .. tapi begitulah, kita harus jeli melihat peluang :)

      Hapus
  4. Mantap mas artikelnya, mas mau nanya cara bikin tampilan komentar seperti punya mas gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesini mas ➙ http://blog.kangismet.net/2012/12/komentar-bertingkat-seperti-wordpress-v2.html .. itu dasarnya, selebihnya tinggal edit CSSnya saja ..

      Hapus
  5. mantap adminnya udah Ganteng sekarang :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha :D biar tambah keren blognya mas :P

      Hapus
  6. wah.. .. sangat bermanfaat sekali ya, mengingatkan kita yang sedang lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali de tersenyumlah hahahahaaa :D

      Hapus

Copyright © 2014 Coretan Me - Designed by Fahmi HS - Powered By Blogger