Your Technology Blog

Rabu, 28 Agustus 2013

Bersihnya Hati Sebanding Dengan Akhlak yang Terpuji

Pada Rabu, 28 Agustus 2013
Ilustrasi
Ilustrasi (Gambar dari Google)

Rasulullah Saw. Bersabda,

"Bahwa iman itu mulai muncul dihati sebagai sinar putih, lalu ia membesar sehingga seluruh hati itu menjadi putih. Sedangkan nifak juga muncul dihati seperti titik-titik hitam, lalu merebak sehingga seluruh hati itu menjadi hitam."

Dari Hadist diatas kita dapat menyimpulkan bahwa iman seseorang itu bergantung pada bersih atau tidaknya hati orang itu. Hati yang suci bersih akan senantiasa memancarkan akhlak mulia dalam diri individu tersebut. Sebaliknya jika seseorang selalu berbuat dosa, maka dalam hatinya akan muncul titik-titik hitam yang semakin lama akan semakin hitam dan hal itu menunjukan betapa jelek dan rusaknya perilaku orang tersebut.

Bagaimana pun juga, setiap manusia tidak akan pernah lepas dari perbuatan salah dan dosa. Akan tetapi, seseorang yang imannya kuat akan selalu berusaha menebus kesalahannya (dosanya) tersebut dengan segera bertaubat dan membersihkan hati juga dirinya. 

Hal ini tentu berbeda kepada orang yang sudah terbiasa dengan dosa dan maksiat, untuk bertaubat saja mereka ogah apalagi memperbaiki diri? Mereka malah merasa senang untuk terus terjerumus dalam lembah kemaksiatan, seperti yang saya sudah jelaskan pada artikel sebelumnya tentang Tipu Daya Syaitan bahwa hal-hal yang berhubungan dengan dosa dan maksiat biasanya berupa hal-hal yang berisi tentang keindahan dan kenikmatan duniawi.

Saya pernah dengar cerita tentang sahabat Rasulullah Saw. Namun saya lupa siapa nama sahabatnya tersebut. Kurang lebihnya begini ceritanya,

Ketika disuatu malam bulan Ramadhan, sahabat Rasul tersebut lupa untuk menjalankan Qiyamul Lail (Shalat Tarawih) karena saking kalutnya sahabat beliau tersebut akhirnya shalat hingga waktu fajar untuk menebus kesalahannya, karena bagaimanapun pahala shalat tarawih itu sangatlah besar. Subhanallah, kapan kita bisa mencapai tingkat keimanan seperti itu, yang ada malahan kita sering malas untuk melaksanakannya terutama karena kebanyakan makan dan minum waktu buka puasa (hayoo ketahuan) ..

Allah Swt. Berfirman,

"Dan orang-orang yang telah menerima petunjuk, Allah akan menambah petunjuk lain untuk mereka. dan kepada mereka diberikan sifat taqwa."(Q.S. Muhammad: 17)

Alangkah beruntungnya orang-orang yang senantiasa memperbaiki akhlaknya, yang senantiasa selalu berinstrospeksi diri, yang selalu berusaha menjadi pribadi lebih baik agar selalu dicintai Tuhan-Nya. Menjaga kemuliaan akhlak tak ada bedanya dengan menjaga kesehatan tubuh kita, sebagaimana jasad yang tidak sempurna, tak akan selamanya sehat, maka akhlak pun begitu harus senantiasa dijaga kesehatannya dan diperbaiki agar menjadi insan yang bertaqwa dan memiliki akhlak yang terpuji. Tanpa disadari jika anda memiliki hati yang sehat dan akhlak yang terpuji maka hal itu tak hanya bermanfaat bagi anda sendiri melainkan untuk orang disekitar anda.

Mengobati hati harus dilakukan secara berlawanan, lho kok berlawanan? maksudnya apa nih? Gini nih, misalnya sifat jahil (Jahiliyah, artinya bodoh) dilawan dengan sifat ilmu, sifat bakhil dilawan dengan tawadhu', dan yang lainnya. Intinya adalah antara sifat baik dan jelek itu berlawanan

Hati yang sedang sakit ialah hati yang tidak digunakan untuk mengingat Allah Swt., hati yang tidak digunakan untuk beribadah kepada Allah Swt., Hati yang hanya digunakan untuk syirik, iri, dengki (ini sinonim semua yak? Ah, masbuloh hehehehe) pada hal atau sesuatu yang orang lain dapat yang kita tidak bisa melakukannya. Sungguh merugi orang-orang yang tidak menjaga kesahatan hatinya.

Hati yang telah pulih dari berbagai penyakit hati adalah hati yang kembali pada kesederhanaan. Contohnya, jika ada seseorang yang memiliki sifat dengki pada hatinya, salah satu tanda jika hatinya telah pulih maka sifat dengki itu akan berubah menjadi sifat selalu bersyukur atas apa yang ia punya dan orang lain peroleh.

Karena bagaimanapun, kesederhanaan adalah sesuatu yang sukar bahkan bisa dibilang sangat sukar untuk dipertahankan, maka dari itu untuk beristiqamah, kita diperintahkan untuk sering mengulang do'a yang terkandung dalam surat Al-Fatihah, yaitu,

"Ihdinash-shiratal mustaqiem (Tunjukanlah kami jalan yang lurus)."

Sekiranya jika kita tidak mampu beristiqamah dalam kesederhanaan, maka hendaklah kita selalu berusaha untuk menghampirinya karena bagaimanapun tidak ada kata apapun yang dapat mengkiaskan kalau kita tidak dapat untuk selalu bertaqwa kepada Allah Swt..

Akhir kata, tak ada salahnya kan jika terapkan ini pada kegiatan blogging, saya yakin insya Allah tak butuh waktu lama akan banyak orang yang akan menjadi teman anda meski hanya didunia maya. Tapi tahukah anda? Kadang-kadang jarang sekali disekitar kita, kita mendapati orang-orang yang sependapat dengan kita, orang yang memiliki pola pikir sama dengan kita. Tetapi ketika kita terjun ke dunia maya, secara tidak langsung perlahan-lahan kita akan menemui orang yang dapat kita ajak untuk bertukar pikiran ataupun berbagi pandangan. Semoga kita selalu menjadi hamba yang selalu senantiasa memperbaiki hati.


Referensi:
  • Sumber bacaan buku-buku Islami yang memuat tentang Akhlak Terpuji.

27 komentar

  1. keren catatannya sob.. ane suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, makasih mas :) ;) saya jadi semangat bikin artikel lagi \o/

      Hapus
  2. bermutu tulisanx sob...! *smile

    jd ingat perkataan sahabat yg mulia Abu Hurairah:
    “Hati adalah raja bagi anggota tubuhnya. Dan anggota tubuh adalah para prajuritnya. Apabila raja baik maka para prajuritnya pun baik. Dan apabila raja jelek maka para prajuritnya pun jelek.”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, ini cuma inspirasi dari membaca berbagai buku mas .. daripada saya cuma diem mendingan saya tuangin dalam bentuk artikel :)

      Iya sob, saya baru inget tuh :( tadinya mau masukin dalam artikel tpi lupaa :D

      Hapus
  3. waduch ngak bisa pertamax nie mas soalnya baru pulang kuliah,, :) :D
    saya baca artikelnya bermanfaat sekali buat peganggan hidup saya mas Fahmi :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, premium juga gapapa mas :D asal jangan bensol :P
      Makasih mas Imron atas apresiasinya :-b

      Hapus
    2. Btw, mas Imron kuliah dimana :) fakultas apa? Web Design yaa?

      Hapus
    3. oh bukan jugA c mas,, :)
      kebetulan saya kuliah di sekolah tinggi informatika ngambil Tekhnik informatika mas..

      Hapus
    4. Yaa sebangsa itulah mas :D tpi kan didalam teknik informatika juga ada SKS tentang html, php, dll kan mas ?

      Hapus
    5. :-d Sekali Mas tidak ada metode lain yang dipelajari hanya pemrograman,jaringan dan multimedia..

      Hapus
    6. Hehehe, iya mas, saya juga baru tau :D .. btw, semangat kuliahnya ^_^

      Hapus
  4. keren catatan nya ane belum sempet baca sampe habis
    ditunggu koment back nya XD

    BalasHapus
  5. Menjadi renungan dan nice info mas :D
    Hadeuh, jadii ngahuleung :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha :D alhamdulillah syukur ari manfaat mah :D
      Atuh tong ngahuleung mas bisi aya nanaon :p

      Hapus
    2. Dan semoga kita diberi jalan yang lurus..
      *Amiin :)
      Salam kenal juga mas..
      Followback blog ya mas :D
      Moal aya nanaon ieu..
      Sugan teh teu tiasa nyarios sunda kang :D

      Hapus
    3. Amieenn O:)

      Hehehee, atos tuh kang .. atuh tiasa da urang subang :D

      Hapus
  6. Balasan
    1. Lumayan atuh aa, kapan2 mah kopdar :D
      btw .. bade off heula yeuh, bisi teu sopan .. hapunten nya :D

      Hapus
    2. Kopdar (Kopi Darat) bisa oge di artikeun ketemuan gitu, yaah .. sekedar sharing masalah blog atau apalah mas :D kan sambil silaturahmi ;)

      Hapus
    3. Ohh, kitu nya? :D
      Ulah sharing doang ahh, ameng weh ka tempat wisata di subang :D

      Hapus
    4. Hahahaa :D hayu2 wae .. ka ciater weh :D

      Hapus
  7. Hati yang bersih akan disukai banyak Teman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhlak terpuji akan disukai banyak orang :D

      Hapus
  8. Waah.. bagus Mas Fahmi artikelnya saya suka..
    Kayaknya saya bakal follow nih blognya.. :-d

    Saya setuju dengan paragraf terakhir, terkadang kalau di dunia nyata kita susah dapet teman sepemikiran.. eeh ternyata di dunia maya lewat aktifitas blogging kita bisa yaa dapet teman yang seperti itu.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheee :) makasih mas atas apresiasinya, itu satu pompaan semangat buat saya O:) ..

      Memang betul, itu adalah pengalaman pribadi saya .. kadang2 saya lebih memilih menyendiri, mencoba mengungkapkannya dengan tulisan, karena terkadang kalau dgn lisan sering terjadi salah pengertian --a maka jadilah blog sederhana ini XD ..

      Btw saya juga sudah follow blognya kok :) saya ngidam mouse wirelessnyaaa :p

      Hapus

Copyright © 2014 Coretan Me - Designed by Fahmi HS - Powered By Blogger