Your Technology Blog

Jumat, 20 September 2013

Alasan Menjadi Seorang Blogger

Pada Jumat, 20 September 2013
Apa yang menjadi alasan kamu waktu pertama kali ngeBlog?
Darimana kamu mulai kenal Blog?

Mungkin pertanyaan diatas memang cocok dilontarkan pada seorang Blogger, tidak bisa dipungkiri memang ngeBlog menjadi satu aktifitas yang cukup berguna bagi orang-orang khususnya anak muda dalam mengisi waktu luang mereka. Kenapa begitu? Yaiya daripada malah maen kesana-kesini ga jelas, waktu luang malah terbuang percuma, apalagi hal itu tidak bermanfaat dan malah berdampak negatif. 

Mungkin banyak hal yang mendasari seseorang untuk ikut terjun dalam dunia Blog bahkan sampai menghirup aroma Blogeshepere. Contohnya kurang lebih seperti dibawah ini.

Sedikit curhat gapapa ya? :D

Oiyah, jangan lupa siapkan :kopi: plus cemilannya duluu B)

❖Ikut-ikutan

Ngeliat temen ngeblog, wuiiihhh keren blognya. Akhirnya jadi ikut-ikutan bikin blog, postingan copas sana-sini, ngarepin banyak komentar, ehhhh malah bertepuk sebelah tangan. Boro-boro ada komentar, trafik aja ngga jelas, udah gitu malah nyerah gitu aja. Hmmm, jangan ditiru ya ;)

Dulu saya juga awalnya begitu kok, blog saya dulu banyak, saking banyaknya sampe lupaa XD bikin lagi bikin lagi. Namun akhirnya saya putuskan untuk membuat satu blog, dalam sehari mungkin bisa ngeposting nyampe 7 artikel, sampe-sampe semua postingannya masuk kotak pasir (baca: sandbox) dan ga pernah keluar, mungkin tersesat dipadang pasir kali ya .. hehehehe. Nah setelah ngeblog hampir sebulan, saya vakum dulu karena mau UN, anak baik ye mau UN stop dulu ngeblognya :D

Begitu UN kelar, saya putuskan untuk turun gunung karena tapa brata saya sudah sempurna, dan memutuskan untuk kembali lagi ke jagad dunia perbloggeran, iseng-iseng saya ketik keyword di Google "Bagaimana cara mengganti tampilan blog" maksud tampilan itu adalah template, maklum dulu masih oon kirain template itu makanan yang terbuat dari kacang kedelai (Kacang kedelai mahal bro, tahu tempe jadi langka, pedagangnya pada demo, huhuhuu :( )

Dari sana saya mulai terkena racun, loh? Kok racun? Ya begitulah.. hampir setiap hari ganti template, biasanya kalo nyalain PC itu buat ngerjain tugas atau facebookan, namun gara-gara terinfeksi racun template malah jadi browsing template. Dari mulai btemplates.com, mastemplate.com, pokoknya para penyedia template dari sabang sampe merauke saya kunjungi. Dari hasil berkunjung sana sini dan ganti template sana sini, mulailah saya kenal dengan yang namanya Editor Template. 

Iseng-iseng klik Edit HTML, wuiihhh, banyak banget kodenya, akhirnya cuma bisa tepok jidat sama dengkul sambil bilang "modddiaaarr tenan, nggak mudeng aku, buanyaaak amat kodenya ki". Karena saat itu saya masih dalam fase labilisasi ekonomi dan belum memiliki harmonisisasi kedewasaan atau juga mungkin karena takut salah, ya saya klik Kembali saja deh :D (Cari aman bro). Untuk beberapa waktu saya mencoba mencari berbagai template yang sesuai dengan selera saya. Niatnya saya pengen bikin sayembara mencari template agar memperingan usaha saya namun saya urungkan karena sponsor tidak setuju atau bisa dibilang tidak ada sama sekali XD.

Waktu berlalu, angin pun berhembus begitu sejuk. Terdengar suara daun berdesir diterpa hembusan angin, seolah sedang melambai-lambai padaku, hingga akupun tersadar kalau aku bukan sedang mengetik cerpen tapi sedang mengetik artikel gaje :D

Eitsss, jangan terlalu tegang dulu nanti malah offside, masa ngga malu kalo dilihat sama cewe? Huahahaha ngawur.

Yuk ah sruput dulu :kopi: sama cemilannya biar keren anak muda jaman sekarang B).

Semakin kesini saya semakin penasaran, saya coba cari sana sini template yang bagus, yang bener-bener bagus, pokoknya bagus! yang bagus banget! gamau tau pokoknya bagus! tititttttttttttt! ehh titiiikkkkkk :D.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, akhirnya secara tidak sengaja saya mampir di DTE, wuihh .. bagus banget nih tampilannya :Q, racun yang menyerang saya semakin menjadi, saya malah ngidam pengen punya template sendiri.

Berbagai blog yang membahas tentang tutorial CSS, JS, dll saya baca dengan seksama, saya pelajari, saya perhatikan sampai sedetil-detilnya, hingga saya sadar kalo muka saya sudah terlalu dekat dengan monitor XD akhirnya saya memutuskan untuk mencari kerangka template gratis, dari situ mulailah saya belajar apa itu CSS. Mungkin jika dibandingkan diantara CSS dan JS yang paling mudah untuk dipelajari adalah CSS, betul nggak nih para master? dan hal itu terjadi pada saya, tak kurang dari satu jam saya mulai mengerti apa itu padding, margin, width, dan sebangsanya. Berbeda ketika mempelajari JS, sangat susah sekali ditambah lagi saya kurang begitu fasih berbahasa Inggris, sampai sekarang pun saya belum mengerti sama sekali dengan yang namanya Javascript :( ada yang mau ngajarin?

Siapa yang nggak pengen ngliat rangking blognya ramping? Siapa yang nggak pengen blognya banyak komentar? Siapa yang nggak ingin blognya di kenal orang banyak? Pasti semua orang pengen kan? Gampang kok, semuanya bisa asal ada kemauan, mungkin begini cara yang saya lakukan, coba lihat dibawah ini.

Tetaplah jaga konsistensi dan gairah dalam menciptakan suatu artikel/postingan yang baik dan menarik tentunya, karena hal tersebut dapat membuahkan ketertarikan bagi orang banyak bahkan di mata mesin pencari. Blogwalking pun menjadi hal yang harus dilakukan, bahkan saya sangat menyukai kegiatan ini.

Saya tegaskan kalau Konten adalah Raja, silahkan buktikan sendiri :) entah itu konten yang ngawur, konten gaje, konten galau, ahh apalah .. yang penting kalau hasil sendiri, orangpun tak akan segan-segan untuk memberikan apresiasi.

Hal tersebut tak ada bedanya dengan para blogger yang mendedikasikan blognya pada satu bidang saja (niche blog) ada yang di bidang kesehatan, bidang tutorial blog, bidang otomotif, dan lain-lain. Semua jenis bidang yang ditekuni para blogger haruslah memiliki sebuah rasa kesenangan dan cinta tersendiri dalam menekuninya, semakin ulet maka semakin kreatif artikel/postingan yang dipublikasikan juga semakin banyak ilmunya, apalagi jika ilmu yang ia bagikan dalam bentuk postingan blog bisa berguna bagi orang lain, hal tersebut bisa menjadi ladang Pahala yang merupakan bekal kita nanti.

Nah, karena ikut-ikutan teman itulah akhirnya saya bisa seperti ini, memiliki sebuah Personal Blog, memiliki banyak teman baru. Walaupun blog yang saya bina masih jauh dari sempurna, asalkan membuat pengunjung nyaman itu sudah sangat cukup. Ibarat ketika kita bertamu ke rumah orang, kita akan betah dan senang apabila rumah yang kita kunjungi itu rapi, bersih, dan nyaman walaupun hanya terbuat dari bilik bambu. Begitupun saya, hal itulah yang mendasari saya untuk sampai membuat template yang jelek seperti ini.

Menjadi Blogger bukan cuma memiliki sebuah blog, entah dari platform blogspot, wordpress, tumblr, dan lain-lain. Melainkan memiliki satu niat dalam hati bahwa ia ingin belajar, menambah wawasan, ingin berbagi, ingin curhat, ingin memiliki teman baru, ingin mengisi waktu luang dengan satu hal yang positif, dan masih banyak lagi alasan-alasan yang mendasari seseorang untuk menjadi seorang Blogger, tentu saja saya tidak bisa menyebutkan semua satu persatu disini.

Jika sudah bisa melewati fase-fase ikut-ikutan, maka dari sanalah jalan yang sebenarnya akan kita tentukan. Semua itu terserah kita, misalkan ingin memiliki penghasilan dari iklan ya silahkan, ingin menjadi blogger sekaligus jurnalis terserah. Semua itu ada dalam genggaman tangan anda. Namun, saya ingatkan kembali akan satu hal, perhatikan kenyamanan pengunjung, karena hal itu memiliki pengaruh yang cukup besar dengan jumlah pengunjung setiap hari.

Pernah dulu waktu saya sangat kesal ketika berkunjung ke blog orang, iklan yang ditampilkan sampai menutup postingan apalagi ketika diklik close malah muncul popup iklan lagi. Sah-sah saja siih, itu memang hak mereka, namun apakah pengunjung nyaman dengan cara seperti itu? Masa setiap pindah halaman harus mengklik close dan popup lagi? Think Again.

Terakhir, mari kita semua menjadi blogger yang cerdas. Cerdas dalam berfikir, cerdas dalam berkomunikasi, cerdas dalam menciptakan artikel yang kreatif, maupun cerdas dalam mencari ide. 

Eits jangan Galau kalo pengunjung blog dikit, semua butuh proses, tidak instan seperti mie instan yang ada bal-balnya, bal-balnya nyeeeessss banget, huahahaha .. XD Teruslah mampir diblog orang, baca postingannya, jangan cuma berharap di kunjungi balik saja.

Lalu apa alasan teman-teman ingin menjadi blogger?

galau
Pic for Galau (Gambar dari Google)

Terimakasih sudah mau membaca artikel gaje saya yang penuh dengan curhatan ini. Makasiw makasiw makasiww <3

Ini cuma artikel curhatan saja, tidak bermaksud mengintimidasi pihak manapun.

29 komentar

  1. Wah pengalaman blognya hampir mirip dengan pertama kali saya ngeblog :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehee, awalnya galau-galau banget .. secara karena blogger seperti kita buka dari kalangan professional :Q

      Hapus
  2. waaahh kalo ane pertma kali ngeblog karna ini tugas sekolah hahaha tapi lama2 keasyikan sendiri.. apalagi dengan tambahnya temen... asyikkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih saya jga dulu gitu, tapi karena tugas sekolah yang terlampau banyak ya nggak terlalu konsen ke blog XD

      Hapus
  3. saya juga awalnya ikut-ikutan , tapi kesini-sini malah terobsesi dan jadi enjoy :D

    BalasHapus
  4. Hehehee...pada awalnya rata-rata blogger pengalamannya sama ya...hehhe...begitu juga dengan saya...gara-gara sering cari software buat kompi akhirnya tertarik untuk mencoba yang orang lain lakukan... semoga dengan blog kita semua bisa menjadi lebih baik di kehidupan ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya saya juga terobsesi membuat blog khusus bagi pengguna OS Symbian, namun karena OSnya sudah punah ya bagaimana lagi, terpaksa cari ide lain =(

      Hapus
  5. Awal ngblog memang copas :D
    Baru liat editor template langsung berkata "Kode opo iki tenan"..
    Namun, semenjak masa ke masa (semakin kesini dan semakin tua) jadi mulai mengerti akan menulis yang baik dan mengedit template :p
    dan jadilah sebuah (.........)
    Maaf pulsa anda tidak mencukupi untuk melanjutkan pesan.
    wkwkwkwk, piss ahh B)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiahahahaha :D awal ngeblog mah paloba-loba nyieun artikel jeng babaturan XD tpi karena semakin berumur dan janggut pun mulai lebat, saya sadar saya sudah dewasa :D

      Hmmm, hmmmmm .. eta titik2na naon :|

      Gaya euy batur mah sombong pake pulsa :D urang mah pake gratisan ge biasa wae :x

      Hapus
    2. Manehna tara update XD ulin ka blogna teh kitu deui kitu deui :p

      Hapus
    3. hehe, punten atuh aa :D
      Isuk mah lah bade update naon weh ah, nu penting update nyak :D :p

      Hapus
    4. Ganteng teh naon?

      Ari abdi mah Kasep weh ah tong Ganteng :D
      wkwkwk

      Hapus
    5. Hahahaa :D updatena nu AHAY atuh :D

      Ganteng teh anu buka dikit joss XD

      Hapus
  6. Hidup blogger :) hidup menulis...salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehee :) hidup bloggeerrrrrr :star: :star: :star: :star: :star:
      Salam kenal jga mass :)

      Hapus
  7. awlanya saya cuma ikut-ikutan tp sekarang jd ketagihan mas

    BalasHapus
  8. @Fahmi HS, wah bagus banget template blognya....jadi pengin....hehehe....#link websitenya apa mas ??

    awal mula bikin blog dulu karena ikut pelatihan ngeblog untuk para UKM logam dari Purbalingga (UKM Knalpot)....karena Bapak saya gak mau ikut...jadinya saya deh yg ikut....waktu itu gaptek banget....internet saja gak tau...boro2 bikin blog....blog yg pertama dibuat justru dari wordpress....sekali buat dan jadi...eh ditelantarkan blognya (gak pernah dikunjungi) karena lupa cara amsuknya ..hahahhaaa :-P *CURHAT...

    alasan saya suka blog , karena saya suka menulis dan membaca tulisan2 didalam blog orang lain yg bermanfaat (kayak blog ini).... Setelah beberapa tahun ini kenal dgn blogspot, akhirnya sampai sekarang jatuh cinta dan tetap setia sama blogspot....karena menurut aku,blogspot itu paling mudah untuk dipelajari...dan di utak atik ......

    #salam dari Blogger Purbalingga :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link website yg manaaaa nih @.@

      Hehehe, awal mula saya ngeblog adalah karena tugas sekolah .. tapi sama saya juga malah ga keurus dan lupa email sama paswordnya :p

      Makasih mas atas apresiasinya :) diantara banyak platform blog, cuma blogspot yg tampilannya mudah di utak-atik (menurut saya)

      #salam dari Blogger Subang ;)

      Hapus
  9. Mantep mas.. jgn lupa kunjungan balik :)

    BalasHapus
  10. akun gmail yg sy pake tuk blog itu bukan sy yg buat.., malah nama blog jg bukan ide sy.., gk prnah terlintas dlm benak sy tuk bikin blog cz sy sendiri gk tau apa itu blog..., benar2 blank...! sy hny diminta tolong tuk ngurus blog.., nahhh... dr situlah sy mulai belajr scr otodidak.., semua dr nol benar2 NOL :'( n Alhamdulillah jadilah sprti sekarang... :-d, sy gk kuasai css dan turunan2x, hny coba2 sj....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehee :) saya juga berawal dari NOL mas :) saya belum punya pemahaman apa2 tentang CSS dulu :( tapi alhamdulillah sekarang sudah bisa seperti ini :D

      Hapus
  11. Pertama kali mengenal blog dari atasan saya, emangnya awalnya ga tau apa itu blog apa itu blogger tapi lama kelamaan sedikit paham blogger itu apa. Dan untuk menjadi blogger yaa alasannya untuk kerjaan + menambah pertemanan juga yaa walaupun hanya dunia maya :) hehehe

    BalasHapus

Copyright © 2014 Coretan Me - Designed by Fahmi HS - Powered By Blogger